Cara jualan Online laris manis nyaris tanpa modal

Jualan Online

Cara Jualan Online laris Manis

Jualan Online memang tidak butuh modal banyak. Tapi bukan tanpa modal sama sekali. Karena anda tetap butuh modal. Setidaknya untuk koneksi internet. Waktu untuk belajar dan lain sebagainya.

Bukankah paket data internet itu modal juga. Bukankah waktu yang anda luangkan itu juga modal. Bahkan, motivasi yang anda miliki untuk berjualan secara online adalah modal yang tak terhitung nilainya.

Jadi, kami tidak ingin mengelabui anda. Dengan membuat judul artikel “Jualan Online Laris manis tanpa modal. Padahal, kita butuh modal. Sekecil apapun anggapan anda.

Tidak ada jualan online yang tidak butuh modal. Jualan apapun, anda tetap membutuhkan modal. Yang berbeda hanyalah besarannya saja.

Kami harap, sampai disini kita sepakat.

Belajar Jualan Online gratisan

Sebenarnya banyak sekali panduan cara jualan online yang bisa anda ikuti di internet. Tulisan kami ini hanyalah salah satu tips jualan online yang bisa anda praktekan.

Mudah-mudahan dengan belajar jualan online melalui blog ini, anda bisa berjualan produk apapun dengan menggunakan media Internet.

Nah, sebelum memulai jualan online. Ada baiknya anda mengetahui tahapan-tahapannya terlebih dahulu. Sehingga impian anda untuk jualan online laris manis tercapai

Inilah langkah-langkah yang harus anda lalui saat akan Memulai Jualan Online, simak baik-baik.

Langkah-langkah Jualan Online

Riset Produk / Pasar

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum memulai jualan online adalah melakukan riset produk. Bisa juga riset pasar.

Anda harus mengetahui pasar yang akan anda target. Anda juga harus tahu produk yang banyak diminati pasar.

Pasar dan produk. Dua-duanya penting.

Teknik pertama yang kita gunakan dalam melakukan riset pasar dan produk adalah teknik riset kyword.

Melalui keyword ini kita bisa mengkonfirmasi apakah sebuah produk banyak diminati atau tidak. Apakah permintaan pasar sudah terpenuhi atau belum. Jadi, riset keyword sangat penting dilakukan.

Selain itu, riset keyword ini juga berguna untuk mengukur kompetisi dari produk yang ingin kita jual.

Mengetahui kompetisi produk yang dijual akan membantu kita dalam menilai apakah sebuah layak kita jual atau tidak.

Untuk menemukan produk dan pasar yan tepat, kita tidak selalu menggunakan teknik riset keyword. Ini hanya salah satunya saja.

Kita juga bisa melakukan riset pasar maupun produk dengan mengunjungi pasarnya langsung. Dalam hal ini adalah marketplacenya.

Beberapa marketplace yang kami sukai ketika melakukan riset produk dan pasar adalah shopee, tokopedia dan bukalapak.

Saat melakukan riset pasar dan produk menggunakan metode yang kedua ini data yang perlu kita perhatikan adalah produk dan angka penjualannya.

Jika angka penjualannya cukup besar, ini berarti ada pasar yang membutuhkannya.

Temukan Supplier Kredibel

Setelah anda berhasil melakukan riset produk dan sekaligus validasi pasar. Maka langkah penting berikutnya adalah menemukan supplier terpercaya.

Produk bagus saja belum cukup untuk sukses dalam jualan online. Anda juga harus menemukan supplier yang benar-benar bertanggungjawab. Fast Response dan mengerti bagaimana melayani pembeli.

Setelah kami rumuskan, setidaknya ada 4 kriteria Supplier yang layak anda ajak kerjasama. Baik sistem beli putus, reseller maupun dropshipping.

Kriteria Supplier di Marketplace

Bertanggungjawab

Jualan online sangat rawan dengan penipuan. Sehingga sejak awal kita harus melakukan tindakan antisipasi dengan memilih supplier yang benar-benar bertanggungjawab.

Biasanya, supplier yang sudah punya nama memiliki tanggungjawab yang lebih besar dibandingkan dengan supplier yang belum punya nama besar. Karena mereka tidak akan mengorbankan nama baiknya demi rupiah yang tidak seberapa.

Tetap waspada dan hati-hati saat memilih supplier di Marketplace.

Mengerti produk

Produk Knowledge adalah hal penting dalam jualan online. Karena pembeli akan bertanya secara detail sebelum memutuskan membelinya melalui anda.

Nah, jika supplier anda memiliki pengetahuan yang minim terhadap produk yang dijual. Tentu saja anda akan kesulitan menjelaskannya pada calon pembeli.

Biasanya, supplier yang memiliki pengetahuan yang cukup terhadap produk memiliki produk yang tidak terlalu banyak. Biasanya terdiri dari 10 sampai 30 produk saja.

Fast Response.

Syarat berikutnya adalah fast response. Ini adalah syarat paling penting saat anda memilih supplier.

Jika supplier anda low response, maka pembeli anda akan kabur semua. Sehingga upaya promosi yang anda lakukan akan sia-sia.

Jika di Marketplace seperti Shopee, biasanya ada persentase response supplier. Anda bisa memilih supplier yang memiliki waktu response yang tidak terlalu lama. Mungkin hanya hitungan menit saja.

Selain itu, pastikan juga persentase pesan dibalas juga diatas 95%. Ini penting sekali. Jadi jangan diabaikan.

Stok Update

Yang tidak kalah pentingnya dalam memilih supplier di Marketplace adalah stok yang update.

Tentu saja anda tidak ingin mempromosikan barang yang sudah tidak ada. Sudah capek dan habis biaya untuk promosi, ternyata barang tersebut sudah tidak tersedia di Supplier. Sungguh disayangkan sekali.

Itulah mengapa anda harus memilih supplier yang rajin update stok.

Menentukan channel pemasaran

Mungkin sebagian dari anda masih bingung dengan istilah yang kami gunakan ini. Agar anda tidak tambah bingung, kami akan coba jelaskan lebih jauh.

Channel Pemasaran adalah media/tempat yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan atau memasarkan produk agar mudah ditemukan oleh orang yang tepat. Yakni orang yang membutuhkan produk anda.

Beberapa channel pemasaran yang cukup populer adalah Google Search, Facebook, Instagram, Youtube serta Marketplace. Anda bisa memilih salah satu dari channel tersebut sesuai dengan karakteristik produk yang akan anda jual. Karena masing-masing channel memiliki ciri khasnya sendiri.

Misalnya : Google Search. Digunakan untuk menjual produk yang berbasis kebutuhan.

Contoh produk berbasis kebuthan adalah Obat Asam Urat, rematik dan lainnya. Mereka akan mencari produk ini di Google saat mereka membutuhkan.

Tidak tepat memasarkan produk ini di Facebook maupun Instagram. Karena anda memasarkan pada saat orang tersebut tidak butuh. Mereka buka facebook dan instagram tidak saat mereka sakit asam urat maupun rematik. Jadi, kurang tepat dipasarkan di channel tersebut.

Begitu juga memasarkan barang-barang fashion di Google Search. Kurang tepat jika anda memasarkannya di Google. Karena jarang sekali orang yang mencarinya di Google.

Tempat yang cocok adalah Instagram dan Facebook.

Ini artinya, anda harus memilih channel pemasaran sesuai dengan produk yang ingin anda jual. Coba pahami dengan baik. Kira-kira produk anda ini cocoknya dijual di channel yang mana.

Kami berharap, pada kesempatan lain bisa memberikan panduan pada anda. Bagaimana cara jualan di Facebook, Cara jualan di Marketplace dan Cara jualan di Youtube. Mudah-mudahan harapan kami ini bisa terwujud.

Mendatangkan pengunjung

Setelah anda menentukan channel pemasaran online yang tepat dengan produk anda. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendatangkan pengunjung ke Toko Online anda.

Misalnya anda menjual produk berbasis kebutuhan. Dijual menggunakan toko online dengan menggunakan Google. Maka cara mendatangkan pengunjung yang bisa anda lakukan adalah dengan SEO (Search Engine Optimization) dan Google Adword.

SEO adalah cara gratisan namun lama. Sedangkan Google Adword adalah cara berbayar namun instan. Anda bisa melakukan keduanya sekaligus atau memilih salah satunya.

Jika anda tidak menguasai kedua cara mendatangkan pengunjung tersebut. Tidak perlu khawatir. Anda bisa mendelegasikan pekerjaan tersebut pada ahlinya.

Saat ini banyak sekali penyedia Jasa SEO Profesional yang bisa anda sewa. Bahkan, agency yang menawarkan Jasa Google Adword juga banyak.

Hanya saja, jika anda memutuskan untuk mendelegasikannya pada orang lain. Konsekuensinya adalah biaya. Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar mereka.

Jika anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya dengan menyewa Konsultan SEO, ada baiknya anda mulai belajar SEO. Mengetahui seluk beluk SEO secara mendetail. Sehingga 1 sampai 3 bulan ke depan anda sudah bisa melakukannya sendiri. Anda bisa Belajar SEO di Kaffah Academy. Lengkap dan gratis.

Melayani Pembeli

Supplier Kredibel

Jika anda sudah berhasil mendatangkan orang ke toko online anda. Langkah berikutnya adalah melayani pembeli. Mulai dari mereka datang hingga mereka memutuskan untuk membeli.

Nah, pada bagian ini anda harus tahu ilmu menjual.

Tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai belajar Copywriting. Anda harus tahu caranya, bagaimana orang yang sebelumnya tidak berminat untuk membeli hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Termasuk saat mereka bertanya harga. Anda harus tahu tindakan apa yang harus dilakukan.

Bagian ini sangat penting dan menentukan keberhasilan anda dalam jualan online. Coba pelajari Teknik dan Tips Jualan Online yang banyak ditemukan di internet.

Semakin mahir anda melayani pembeli ini, semakin besar peluang terjadinya penjualan. Tentu saja akan berdampak pada omset bisnis anda.

Evaluasi dan Repeat

Bisnis yang bertumbuh adalah bisnis yang selalu di evaluasi secara terus menerus.

Proses evaluasi dilakukan agar kita tahu, maka keputusan yang benar dan mana pula keputusan yang salah sehingga membawa bisnis pada kebangkrutan.

Melalui proses evalusi ini kita akan menemukan pola sukses dan pola gagal.

Mengetahui 2 hal ini sangat penting agar usaha anda terus tumbuh dan berkembang. Pola gagal harus anda tinggalkan dan hindari dimasa depan.

Sementara pola sukses akan dijadikan sebagai acuan keputusan-keputusan anda ke depannya. Pola sukses ini harus anda ulang secara terus menerus. Sehingga bisnis online yang anda rintis bertumbuh dan berkembang.

Tempat menemukan Supplier

Selain anda mencari supplier di Google Search. Anda juga bisa menemukan supplier kredibel di beberapa marketplace. Beberapa marketplace untuk menemukan supplier adalah :

Shopee

Sejauh ini, kami menganggap shopee lebih mudah menemukan supplier kredibel. Disamping produk-produk yang ditawarkan juga relatif bervariasi.

Anda bisa mengunjungi marketplace ini sekedar untuk melihat-lihat produk yang laku dan mungkin untuk anda jual menggunakan channel pemasaran yang lain seperti Google, Facebook dan Instagram.

Tokopedia

Siapa yang tidak tahu Tokopedia. Marketplace dengan icon burung hantu ini sudah menjadi rujukan banyak orang untuk membeli barang-barang murah.

Hanya saja, jika anda berniat mencari supplier di marketplace yang satu ini. Kami sarankan sedikit selektif. Disamping banyak juga yang dropship, belanja disini sedikit lebih rawan dibandingkan shopee.

Kami tidak melarang anda belanja dan mencari supplier disini. Tapi anda harus lebih hati hati agar tidak menjadi korban dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Bukakapak

Selain di Shopee dan Tokopedia, anda juga bisa mencari supplier kredibel di Bukalapak.

Sama halnya dengan marketplace yang lain. Saat anda menyeleksi kandidat supplier, anda harus berhati-hati. Jangan sampai anda membeli barang pada dropshipper yang berlagak layaknya supplier.

Selain harga barang menjadi lebih mahal, chat anda juga akan sangat lambat dibalas.

Terakhir . . .

Itulah beberapa tips jualan online yang bisa anda coba  dan praktekan. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi setiap trik yang kami sarankan. Karena bisa saja saat kami praktekan bekerja dengan baik, seiring berjalannya waktu sudah tidak work lagi bagi anda.

Teruslah belajar jualan online dari media manapun. Baik yang berbayar maupun gratisan. Karena ilmu ini terus berkembang sehingga anda akan ketinggalan jika tidak mengikutinya secara terus menerus.

Jika ada data dan informasi yang kurang tepat, silahkan koreksi melalui kotak komentar dibawah ini. Mudah-mudahan tutorial cara jualan online ini bermanfaat bagi anda semua.

Artikel ini ditulis oleh Hidayat Mundana, seorang Praktisi SEO Indonesia. Bagi anda yang butuh bantuan untuk meningkatkan peringkat website di Google Serach, silahkan hubungi kami melalui :

Hidayat Mundana

Whatsapp : 0813 7883 1373
Kaffahmedia.com