9 Fitur penting yang harus dimiliki oleh Toko Online

fitur toko online

Fitur yang harus dimiliki oleh Toko Online

Saat ini, membuat toko online tidak lagi sesulit dulu.
Bahkan, tidak semahal dulu.

Anda bisa membuat toko online tanpa harus menguasai pemograman terlebih dahulu. Apalagi harus menguasai cara menggunakan html, php, css dan lainnya.

Semuanya jauh lebih mudah. Salah satunya dengan menggunakan WordPress. Jualan online jauh lebih mudah.

Dari beberapa tahun lalu, penulis sudah melihat berbagai fitur unik dari toko online. Seperti animasi, 360-degree product preview, advanced filtering dan lain sebagainya.

Hanya saja, ternyata fitur-fitur tersebut tidak menjamin terjadinya peningkatan konversi pada toko online anda.

Karena, ada beberapa elemen penting yang jauh lebih penting dari itu semua.

Apa saja elemen tersebut ?

Mari kita bahas Bersama-sama.

User Friendly

Coba pikirkan. Apa tujuan anda membuat toko online.

Apakah ingin memamerkan kalau anda bisa membayar programmer hebat, sehingga menampilkan banyak fitur-fitur animasi. Sehingga toko online anda terlihat keren.

Kompetitor anda tertinggal dari sisi ini.

Atau anda ingin menghasilkan profit. Anda ingin menghasilkan penjualan sebanyak mungkin, sehingga profit anda berlipat-lipat.

Kami yakin, tujuan anda adalah yang kedua.

Jika benar, maka anda harus membuat calon pembeli senang dan nyaman berkunjung dan berbelanja di toko online anda.

Jangan buat mereka bingung dengan animasi yang tidak ada hubungannya dengan penjualan. Fitur-fitur ini sama sekali tidak anda butuhkan.

Yang anda butuhkan hanyalah toko online sederhana.

Sederhana menurut kami adalah toko online yang mudah digunakan. Tidak membingungkan calon pembeli saat mereka memutuskan untuk membeli.

Salah satu fitur yang user friendly adalah fitur pencarian produk.

Terkadang mereka bingung harus membeli produk apa. Sehingga, mereka harus mengetikan kata tertentu untuk menemukan produk yang dicari.

Sehingga, fitur pencarian produk harus anda sediakan.

Mobile Friendly.

Tahukah anda bahwa pengguna Mobile terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut kami, ini adalah dampak dari perkembangan teknologi smartphone. Ditambah lagi kecepatan internet yang terus meningkat, terutama di Negara berkembang seperti Indonesia.

Nah, anda harus bisa beradaptasi dengan fakta ini.

Salah satu situs toko online besar di dunia, Walmart. Penjualan smartphonenya meningkat 98% hanya dengan mengoptimalkan websitenya menjadi mobile friendly.

Lihat, dampaknya sangat signifikan terhadap penjualan.

Oleh karena, pastikan website toko online anda Mobile Friendly. Lagipula, teknologi web terbaru juga sudah sangat mudah mendapatkan website yang Mobile Friendly.

Terutama untuk anda para pengguna WordPress.

Sertakan Foto Resolusi Tinggi

Faktanya, saat kita belanja online. Kita sama sekali tidak memegang barang secara langsung.

Yang bisa kita lakukan hanyalah melihat gambar.

Ini artinya, gambar yang anda sediakan akan mewakili produk yang anda jual. Jika gambar anda bagus, maka semakin terwakili produk anda.

Mereka menjadi yakin tanpa harus memegang dan melihatnya langsung.

Tapi, jika gambar anda kabur dan tidak jelas. Maka, sangat mungkin mereka tidak jadi membeli karena tidak yakin dengan kualitas barang yang anda jual.

Walaupun produk anda bagus dan berkualitas.

Jadi, investasikanlah waktu dan uang anda untuk bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas. Lagipula, saat ini banyak sekali kursus fotografi produk yang bisa di ikuti.

Foto bagus sama dengan banjir order.

Review dari pembeli sebelumnya.

Tahukah anda, 57% calon pembeli akan memutuskan untuk membeli jika ulasannya minimal bintang 4. Jika kurang dari itu, sebagian dari mereka cenderung tidak jadi membeli.

Begitulah pentingnya ulasan.

Bahkan, marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak menjadikan ulasan sebagai bagian penting dari system Algoritama mereka.

Produk yang memiliki ulasan bagus, cenderung lebih sering dan mudah muncul saat ada pengguna yang mencari produk terkait.

Lebih jauh lagi, kebanyakan orang baru yakin untuk membeli jika sudah ada ulasannya.

Jadi, pastikan toko online anda memiliki fitur ulasan/review ini. Karena, hal ini tidak saja meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan trust terhadap toko online anda

Program Promo

Kita lihat, hampir semua toko online besar melakukan ini.

Bahkan, mereka mengadakan promo tidak saja pada momen-momen tertentu saja. Tapi, hampir setiap waktu. Tentu dengan pendekatan yang berbeda.

Anda bisa memberikan promo untuk pembelian bundle. Atau promo saat mereka membagikan halaman produk ke social media mereka. Atau promo untuk syarat yang lain.

Intinya, promo yang anda berikan akan meningkatkan interaksi mereka dengan website anda. Biasanya, mereka akan berusaha mencari kode promo yang menawarkan diskon lebih besar.

Ini membuat website anda tidak saja menghasilkan penjualan lebih banyak.
Tapi, juga meningkatkan nilai SEO-nya dihadapan Google.

Fitur Produk Terkait

Jika promo berguna untuk meningkatkan penjualan dan sekagaligus interaksi pembeli dengan website toko online kita. Begitu juga dengan produk terkait.

Terkadang, ada produk yang sama sekali belum pernah dipikirkan oleh pembeli.

Lantaran produk tersebut muncul, akhirnya mereka memutuskan untuk juga membeli. Sehingga produk terjual menjadi lebih banyak. Profit jadi lebih tinggi.

Produk terkait juga berguna untuk meningkatkan nilai SEO toko online anda.

Karena, otoritas dari halaman produk yang dilihat akan mengalir ke produk-produk terkait yang ditampilkan pada halaman tersebut.

Jadi, pastikan toko online anda memiliki fitur produk terkait.

Gunakan Fitur FAQ

Kami menggunakan FAQ ini bukan saja pada toko online.

Akan tetapi, juga menggunakannya pada website yang lain. Seperti website Agency di Azhima SEO. Karena, kami melihat FAQ ini meningkatkan konversi penjualan.

Melalui FAQ ini kita bisa menyakinkan calon pembeli lebih jauh lagi.

Apa manfaat produk, kelebihannya dibandingkan produk lain serta segudang alasan lainnya. Dan kita bisa menggunakan FAQ ini.

Selain itu, FAQ ini juga membantu meningkatkan nilai SEO dari Toko Online.

Membuat jumlah kata pada halaman produk semakin Panjang sehingga nilai SEO-nya menjadi lebih baik dibandingkan dengan toko online lain.

Informasi pengiriman.

Nah, terkadang  ada juga tokoo nline yang tidak menyertakan fitur penting ini.
Padahal, ini besar sekali pengaruhnya pada konversi.

Coba bayangkan, saat anda membeli seseuatu di toko online. Tapi, anda tidak tahu berapa ongkos kirimnya, berapa hari proses pengirimannya.

Saya yakin, anda tidak jadi beli.

Nah, begitulah pentingnya informasi pengiriman ini. Anda harus menyertakan fitur ini pada toko online anda. Sehingga konversinya semakin bagus.

Refund.

Jika anda sudah yakin dengan kualitas produk, maka menyertakan kebijakan refund adalah salah satu trik yang sangat jitu untuk meningkatkan konversi penjualan.

Karena, pada dasarnya pembeli tidak mau rugi dan tidak mau tertipu.

Sehingga, dengan adanya kebijakan pengembalian jika barang tidak sesuai. Merupakan pilihan fitur yang sangat besar manfaatnya bagi toko online.

Tapi, jika anda belum yakin dengan kualitas produk. Jangan pernah lakukan kebijakan refund ini.
Apalagi untuk anda yang menggunakan system dropship.

Sebaiknya, tidak menyertakan fitur ini.

Itulah beberapa fitur penting yang harus anda sertakan pada toko online anda. Sehingga konversi penjualannya semakin meningkat.

Jika penjualan anda meningkat, tentu profit margin anda juga meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *